Beranda > Home > Cara Pasang Adsense di WordPress

Cara Pasang Adsense di WordPress

Memasang kode adsense pada wordpress itu susah-susah-gampang. Yang diperlukan hanya “keberanian” try and error . Akan tetapi, untuk mempersingkat dan mempermudah Anda, biar Sayasaja yang try and error

Hal pertama yang Anda perhatikan adalah “Anda ingin iklan Adsense tampil pada bagian mana dari blog Anda?”

Memasang kode adsense pada wordpress itu susah-susah-gampang. Yang diperlukan hanya “keberanian” try and error . Akan tetapi, untuk mempersingkat dan mempermudah Anda, biar Sayasaja yang try and error

Hal pertama yang Anda perhatikan adalah “Anda ingin iklan Adsense tampil pada bagian mana dari blog Anda?”

Jika Anda ingin Adsense dengan format 120 x 600 (skyscraper) tampil pada sidebar Anda bagian bawah, masukkan kode Adsense yang Anda peroleh, seperti:

<script type=”text/javascript”><!–
google_ad_client = “pub-IdAdsenseAnda”;
google_ad_width = 120;
google_ad_height = 600;
google_ad_format = “120x600_as”;
google_ad_type = “text_image”;
google_ad_channel =””;
//–></script>
<script type=”text/javascript”
src=”http://pagead2.googlesyndication.com/pagead/show_ads.js”>
</script>

Copy dan paste kode Adsense Anda kedalam sidebar.php:

</ul>
</li>
<?php } ?>
<—–paste di sini
</ul>
</div>

Tentu saja Anda bebas berkreasi untuk menampilkannya dimanapun.

Jika ingin adsense tampil di bagian atas halaman (page), letakkan di:

<body>
<—–paste di sini
<div id=”page”>

Jika ingin adsense tampil di bagian bawah setiap postingan:

</div>
<—–paste di sini
<?php get_sidebar(); ?>

Cara memasang Adsense di atas merupakan dasar yang paling dasar . Jika ingin yang lebih advanced seperti adsense yang tampil hanya pada postingan pertama atau sejenisnya. Bagaimana kalau ingin seperti itu?

Buka index.php pada theme Anda, cari dan temukan baris ini:

<?php if (have_posts()) : while (have_posts()) : the_post(); ?>

paste kode berikut dibawahnya:

<?php
$postnum = 1;
$showadsense1 = 1;
?>

Itu hanya sebagian kode. Tetap di index.php, scroll down ke bawah dan temukan kode ini:

<p class=”postmetadata”>Posted in <?php the_category(‘, ‘) ?> | <?php edit_post_link(‘Edit’, ”, ‘ | ‘); ?>  <?php comments_popup_link(‘No Comments »’, ’1 Comment »’, ‘% Comments »’); ?></p>
</div>
<—– Perhatikan jarak ini! (kita sebut saja line A)
<?php endwhile; ?>

Nah, letakkan kode berikut pada line A:

<?php if ($postnum == $showadsense1) {
echo ‘
Masukkan Kode Adsense Anda di sini
‘;
} ?>

<?php $postnum++; ?>

Done! Seperti itulah kira-kira versi Advanced dari implementasi adsense ke wordpress . Jika Anda membuat $showadsense1 = 3; pada kode di atas, adsense akan tampil hanya pada postingan ke-3. Asik kan?

Bagaimana jika Saya ingin 1 buah adsense pada postingan pertama kemudian disusul 2 buah adsense pada postingan kedua? (banyak maunya nih orang )?

Sama saja, Anda cukup menganti kode di atas menjadi:

<?php
$postnum = 1;
$showadsense1 = 1;
$showadsense2 = 2;
?>

Nah, letakkan kode berikut pada line A (seperti di atas):

<?php if ($postnum == $showadsense1) {
echo ‘
Masukkan Kode Adsense Anda di sini
‘;
} ?>

<?php $postnum++; ?>

Belum berhenti sampai di situ, Anda harus menambah lagi block lain di bawah adsense yang pertama (ribet ya? Sapa suruh minta yang macam-macam ). Nih kode lengkapnya:

<?php if ($postnum == $showadsense1) {
echo ‘
Masukkan Kode Adsense Anda di sini
‘;
} ?>

<?php if ($postnum == $showadsense2) {
echo ‘
Masukkan Kode Adsense Anda di sini
‘;
} ?>
<?php $postnum++; ?>

Masih pengen nambah? Bagaimana kalau Adsense cuma tampil pada single post saja saat pengunjung mengklik read more atau continue atau selengkapnya?

Ok! Sekarang buka single.php, letakkan kode adsense dibawah kode ini:

<?php the_content(‘<p class=”serif”>Read the rest of this entry »</p>’); ?>

Pada beberapa theme terkadang berbeda. Mungkin Anda bisa menggunakan:

<?php
if (is_single()) { echo ‘
Masukkan Kode Adsense Anda di sini
‘;} ?>

Intinya, Adsense bisa diletakkan di mana saja asal tidak melanggar TOS adsense. Praktek.. Praktek.. dan Praktek..

Maaf kalau-kalau ada salah tulis kode, silakan dibenarkan.

  1. Oktober 30, 2012 pukul 2:11 am

    Terimakasih gan tutorialnya. lagi belajar adsense.

  2. Desember 10, 2012 pukul 6:46 am

    thanks bro sharingnya…cukup membantu saya kebetulan lagi nyari caranya hehe

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: